Sabtu, 22 Januari 2011

perbandingan OS Android dan Windows

Sistem operasi mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen dan mengontrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja.

Sehingga suatu sistem operasi mobile akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, schedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.

Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih.

Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan sistem operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content) sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari.




Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).




OS baru dr google yang langsung naik daun, dan OS ini sifatnya Open Source!!jadi siapa aja bisa ngembangin OS tersebut. dan OS ini banyak dipakai oleh merk smartphone, antara lain : HTC, Motorola, Samsung, Sony Ericson. Bahkan merk Nexian and Huawei pun merelease smartphone berbasis android ini.

Kelebihan :
- Open source.
- Multitasking.
- Kemudahan dalam notifikasi.
- Mendukung banyak hardware mobile.
- Management widget yang flexibel.
- Tersedia banyak aplikasi pendukung.
- Dukungan penuh dari Google.
- User Interface yang interaktif.
- Telah mendukung HTML5.
- Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
- Mendukung GPS.
- OS ini bisa dikembangin oleh siapa saja dan proses update jg cepet dan mudah
- Hardware yg sangat mumpuni untuk ukuran smartphone
- Pemakaian lebih mudah dibanding iPhone
- bisa jadi USB, asal selalu bawa kabel data
- Aplikasi yg lumayan banyak and gratis di Aplikasi "Android Market"
- Pemakaian and install aplikasi lebih mudah dibanding iPhone
- Sync kontak bisa melalui account Gmail.com
- Interface, UI, and widget2 yg sangat memukau mata bagi yg ngeliat
(homescreennya android tu bner2 keren abis)
- Bisa menggunakan LIVE WALLPAPER, ini yg paling bikin Eye Catching
- Support website berbasis Flash
- Kamera 5 megapixel dengan hasil Foto yg mantab
- Range Harga Smartphone OS android = 2jt-6jt

kekurangan :

- Masi memiliki beberapa bug di beberapa versi OSnya
- Harus terus update untuk memperbaiki bug.
- Banyak terpampang iklan dalam aplikasi.





Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut ‘Windows 7 Mobile’. OS ini berbasis pada Windows CE 7 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.


Kelebihan:

- Dukungan penuh dari Microsoft.
- Aplikasi office yang lengkap.
- Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.
- Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda.
- Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.

Kekurangan:
- Mudah terserang malware.
- Keterbatasan multitasking (hanya untuk aplikasi tertentu).
- Aplikasi bawaan dari sistem kurang memadai (tidak ada file transfer bluetooth,
Windows Explorer, Silverlight).
- Tidak mendukung internet tethering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar